Sinergi dengan PKH, Desa Brani Kulon Siapkan Beasiswa Pelajar Berprestasi

Home / Berita / Sinergi dengan PKH, Desa Brani Kulon Siapkan Beasiswa Pelajar Berprestasi
Sinergi dengan PKH, Desa Brani Kulon Siapkan Beasiswa Pelajar Berprestasi Peresmian Rumah Pintar PKH di Desa Brani Kulon, Kabupaten Probolinggo (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESSAMARINDA, PROBOLINGGO – Pemerintah Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyiapkan beasiswa bagi anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), yang masuk rangking 1, 2, dan 3 di sekolah masing-masing. 

Rinciannya, Rp 1 juta untuk rangking 1; Rp 750 ribu untuk rangking 2; serta Rp 500 ribu untuk rangking 3. "Ini biar pelajar dari keluarga PKH lebih bersemangat," kata Kepala Desa Brani Kulon, Muhyidi.

Pernyataan itu, disampaikan Muhyidi saat memberikan sambutan dalam Acara Peresmian Rumah Pintar PKH di desa setempat, Minggu (6/5/2018). Perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo juga hadir. 

Selain menyiapkan beasiswa, desa juga akan memberikan dua ekor kambing bagi ibu menyusui peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Syaratnya, yang bersangkutan menyusui bayinya hanya dengan ASI eksklusif selama enam bulan, terhitung sejak kelahiran bayi. 

Sebagai informasi, rumah pintar ini, merupakan hasil sinergi antara pendamping PKH, pemerintah desa, dan pendamping desa. Tempat belajar berupa lima buah saung, dibangun dengan menggunakan dana desa.

Rumah pintar ini telah berjalan selama 1,5 tahun. Anak-anak dari keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang menjadi peserta, mendapatkan pendidikan tambahan di rumah ini setiap hari Minggu, mulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00. 

Mulai pendidikan bidang pertanian dan peternakan, olah raga, teknik (instalasi listrik) dan bidang seni. Ada juga les bahasa Inggris dan komputer, yang rutin diberikan.

Semula, pendidikan dilaksanakan dari dusun ke dusun (moving) di Desa Brani Kulon. Ini dilakukan ketika pendamping menggelar pertemuan kelompok secara rutin.

Kemudian sejak Februari 2018, rumah pintar PKH digelar di lima buah saung, yang dibangun pemerintah desa Brani Kulon, menggunakan dana desa (DD). Saung ini berjejer di tepi Kali Brani Kulon. Baratnya sungai, timur sawah, selatan gunung. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com