Kuliner Kota Malang

Nasi Buk Madura Menjadi Masakan Khas Hotel Tugu Malang

Home / Gaya Hidup / Nasi Buk Madura Menjadi Masakan Khas Hotel Tugu Malang
Nasi Buk Madura Menjadi Masakan Khas Hotel Tugu Malang Mas Sigit (salah satu waiter Melati Restaurant) menyajikan menu Nasi Buk yang banyak dipesan tamu. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESSAMARINDA, MALANGNasi Buk Madura selama ini dikenal sebagai makanan Madura. Namun, siapa menyangka, nasi buk ini justru lahir di Kota Malang, dan menjadi masakan jujukan pemburu kuliner di Kota Malang. Bahkan, yang lebih menggembirakan, nasi buk ini jadi menu khas di Hotel Tugu Malang.

Malang saat ini memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk para culinary hunter. Baik yang berlabel nasional ataupun internasional. Banyak sekali menu masakan nusantara yang bisa dicoba disini, terutama masakan khas Jawa Timuran.

Salah satu yang menjadi andalan di kota ini adalah Nasi Buk Madura yang mungkin tidak bisa Anda temukan di Madura. Karena kuliner ini justru lahirnya di Kota Malang.

Nasi Buk banyak digemari karena rasanya yang sudah menjadi perbincangan banyak orang. Kuliner ini merupakan nasi campur masakan rumahan. Diolah dari resep turun temurun seorang Ibu Madura yang sudah lama menetap di Malang. Jadi boleh dibilang masakan ini merupakan akulturasi masakan Madura dan citarasa Malang.

Nama Buk (Bug) sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti “ibu”. Disebut Nasi Buk karena yang menjual adalah ibu-ibu. Menilik sejarahnya, Nasi Buk ini mulai ada di Malang sejak tahun 1961 pada zaman penjajahan Jepang.

Berawal dari lapak kecil di daerah pecinan, bertempat di ujung gang Semarang. Sehingga nasi ini seringkali disebut Nasi Buk Gang Semarang.

Dalam perjalanannya kuliner ini mulai banyak dikenal oleh orang Tionghoa. Kemudian menjadi menanjak popularitasnya di kalangan masyarakat umum.

Nasi ini semakin pepuler ketika pada tahun 1990 Hotel Tugu Malang memperkenalkan nasi buk dengan memasukkannya di daftar menu restoran Melati, restoran terbaik di Kota Malang. 

Saat ini Nasi Buk sudah menjadi produk komunitas khas Kota Malang. Kekhasan masakan ini terletak di dendeng kelapanya yang renyah dan lauk dagingnya yang empuk. Dipadu dengan bumbu gurih serta sambal hijau khas Madura.

Selain itu nasi spesial ini juga bisa disajikan dengan sayur lodeh nangka muda, mendol khas Malang, ayam goreng, sate dan empal daging, paru goreng kering, serta babat.

Semua sajian nasi buk Madura ini dapat Anda nikmati di restoran Melati Hotel Tugu Malang yang bertempat di Jalan Tugu No. 3 Kota Malang. Restoran Melati ini buka setiap hari selama 24 jam non stop. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com