Pilkada Kota Probolinggo 2018

Ini Kriteria Pemimpin Idaman Warga Kota Probolinggo

Home / Berita / Ini Kriteria Pemimpin Idaman Warga Kota Probolinggo
Ini Kriteria Pemimpin Idaman Warga Kota Probolinggo ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESSAMARINDA, PROBOLINGGO – Dari survei yang dilakukan oleh SEC Probolinggo, diketahui beberapa hal. Salah satunya adalah kriteria pemimpin yang dikehendaki oleh warga Kota Probolinggo. Setidaknya, ada empat hal, yang menjadi idaman warga setempat.

Kriteria itu meliputi, pemimpin yang  berpihak kepada rakyat, jujur, bermoral, dan bersih dari korupsi. Selain itu cerdas dan tepat menyelesaikan masalah serta ketegasan dan berwibawa, juga menjadi keinginan pemilih di Kota Probolinggo.

Tak hanya itu, visi dan misi pemimpin yang mengedepankan program prioritas tentang perluasan lapangan pekerjaan juga masuk pertimbangan. Akses kesehatan gratis karena keduanya masih menjadi masalah yang dihadapi masyarakat. Persoalan peningkatanan keamanan wilayah, serta bantuan modal usaha, dan  penguatan pendidikan bidang keagamaan.

Sementara itu, dalam hasil survei tersebut juga diketahui sebesar 14 persen pemilih menyatakan pilihan namun masih dirahasiakan. “Dalam melakukan survei responden yang kami survey diambil secara acak. Sebanyak 400 orang, di 29 kelurahan dari lima kecamatan. Dengan keterwakilan laki-laki dan perempuan sebanyak 50-50 persen,” kata Peneliti Ahli Lembaga SEC Probolinggo, Ilyas Rolis, Minggu (6/5/2018).

Sejauh ini, Ilyas menilai, pemilih di Kota Probolinggo merupakan pemilih independen. Hal itu dapat terbaca dari adanya rujukan publik untuk pemilih. Ada 83,3 persen pemilih, tanpa adanya rujukan publik. Atau dengan kata lain, tidak ada yang mengarahkan untuk memilih salah satu paslon.

Artinya, pilihan yang diberikan, murni dari pemahaman warga, atas visi misi maupun figur paslon. Sementara itu, ada 16,5 perse pemilih dengan rujukan publik. Yang terdiri dari beberapa unsur rujukan publik seperti kiai atau tokoh agama, juragan, tokoh partai, pengurus ormas dan lainnya. Bisa disimpulkan, dalam kontestasi pemilihan wali kota Probolinggo tahun ini, masing-masing paslon yang sudah memenuhi keinginan warga Kota Probolinggo. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com